HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 3 KAWO TAHUN AJARAN 2020/2021

SHISILE, CITRA BIKO (2021) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 3 KAWO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SHISILE CITRA BIKO (NIM.E18406200 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu interaksi yang terjadi dalam dunia pendidikan yakni “interaksi edukatif”. Interaksi edukatif yang terjadi di dalam proses pembelajaran terutama interaksi edukatif antara pengajar dengan warga belajar dengan memanfaatkan media dan metode yang tepat diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat belajar siswa terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi edukatif dengan minat belajar siswa pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 3 Kawo. Sampel yang digunakan sebanyak 31 siswa yang diambil menggunakan Teknik sample jenuh (sampel total) dimana semua populasi dijadikan sampel. Penelitian menggunakan angket Interaksi Edukatif dan angket Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment dari pearson. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan minat belajar siswa, dimana 0,435 > 0,355 yang berarti nilai korelasi yang dihasilkan lebih besar dari r tabel, dengan sig(2-tailed) atau sig. = 0,01, dimana 0,01 < 0,05 yang berarti nilai sig. lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil 0,435 yang dihasilkan menunjukan tingkat hubungan antara interaksi edukatif dengan minat belajar siswa pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia tergolong hubungan sedang karena termasuk dalam interval koefisien 0,40 – 0,599 yang ada pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis dari penelitian ialah Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Minat Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:24
Last Modified: 23 Sep 2021 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24534

Actions (login required)

View Item View Item