PERBANDINGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR DENGAN FORWARD CHAINING DAN DEMPSTER SHAFER UNTUK SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TELINGA, HIDUNG, DAN TENGGOROKAN (THT)

Fifin, Fajriani (2021) PERBANDINGAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR DENGAN FORWARD CHAINING DAN DEMPSTER SHAFER UNTUK SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TELINGA, HIDUNG, DAN TENGGOROKAN (THT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_2_FIFIN FAJRIANI_F1D017022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penyakit THT merupakan penyakit yang terjadi di sekitaran telinga, hidung serta tenggorokan dan bisa menyerang berbagai usia. Penelitian ini dibuat untuk membangun sebuah sistem pakar berbasis Android yang dapat mendiagnosis 9 jenis penyakit telinga, hidung, tenggorokan (THT) menggunakan perbandingan metode Forward Chaining dan Certainty Factor dengan Forward Chaining dan Dempster Shafer berdasarkan pengetahuan 3 orang pakar. Dari pengujian yang dilakukan didapatkan akurasi berdasarkan bobot rata-rata pakar untuk metode Forward Chaining dan Certainty Factor yang telah dilakukan sebelumnya yaitu sebesar 85.56%, sedangkan untuk metode Forward Chaining dan Dempster Shafer yaitu 87.78% berdasarkan 30 contoh kasus. Pada pengujian MOS dari 30 reponden diperoleh nilai sebesar 4.25 untuk kelayakan dan tampilan sistem dengan metode Forward Chaining dan Certainty Factor, sedangkan 4.36 untuk kelayakan dan tampilan sistem dengan metode Forward Chaining dan Dempster Shafer. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sistem dengan metode Forward Chaining dan Dempster Shafer memiliki hasil yang lebih baik untuk mendiagnosis penyakit telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci – Sistem Pakar, THT, Forward Chaining, Certainty Factor, Dempster Shafer.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:53
Last Modified: 27 Sep 2021 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24557

Actions (login required)

View Item View Item