SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA KELINCI BERBASIS MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR (STUDI KASUS PADA PETERNAKAN R&Z RABBITRY LOMBOK)

Mitha, Amara (2021) SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA KELINCI BERBASIS MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR (STUDI KASUS PADA PETERNAKAN R&Z RABBITRY LOMBOK). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA 2_Mitha Amara_F1D017050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kesehatan kelinci merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembudidayaan hewan ternak. Permasalahan yang sering dihadapi oleh peternak kelinci yaitu sulitnya mengetahui terjadinya penyakit pada kelinci. Keterbatasan pakar kelinci di lapangan juga masih minim untuk memberikan infomasi mengenai penyakit kelinci, sehingga diperlukan suatu sistem pakar sebagai solusi untuk penanganan penyakit pada kelinci. Pada penelitian ini penulis bertujuan untuk membangun sistem pakar berbasis android yang dapat mendiagnosis 11 jenis penyakit pada kelinci berdasarkan pengetahuan dari 3 orang pakar dengan menggunakan Forward Chaining sebagai teknik perunutan dan Certainty Factor untuk menunjukkan ukuran nilai kepastian terhadap suatu diagnosa. Berdasarkan hasil pengujian perhitungan teoritis yang dilakukan, didapatkan hasil perhitungan sistem telah sesuai dengan perhitungan manual. Pada hasil pengujian usability yang dilakukan oleh 50 responden didapatkan nilai sebesar 86,72% sehingga sesuai dengan nilai kategori kelayakan usability bahwa pada rentang 81-100 diklasifikasikan ke kategori sangat layak. Hasil pengujian akurasi dengan menggunakan 30 contoh kasus didapatkan nilai rata-rata sebesar 87,78%. Berdasarkan hasil pengujian akurasi menunjukkan bahwa metode forward chaining sebagai mesin inferensi dan certainty factor untuk menunjukkan nilai kepastian dapat digunakan untuk mengembangkan sistem pakar diagnosis penyakit pada kelinci yang diimplementasikan berbasis mobile.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Sistem Pakar, Kelinci, Forward Chaining, Certainty Factor, Android.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:53
Last Modified: 27 Sep 2021 06:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item