SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TERNAK AYAM PEDAGING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR (STUDI KASUS PT. BALING–BALING BAMBU)

MELY, HANDAYANI (2021) SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TERNAK AYAM PEDAGING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING DAN CERTAINTY FACTOR (STUDI KASUS PT. BALING–BALING BAMBU). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA II - Mely Handayani (F1D017049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Ayam merupakan salah satu komoditi unggas yang memberikan kontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan protein asal hewani bagi masyarakat Indonesia. Pemeliharaan ayam pedaging (broiler) relatif singkat untuk menghasilkan kualitas daging yang bagus memiliki efek rentan terhadap serangan penyakit. Penelitian ini membangun sistem pakar diagnosis penyakit ayam pedaging berdasarkan pengetahuan 3 orang pakar menggunakan metode Forward Chaining dan Certainty Factor berbasis android yang dapat mendiagnosis 11 jenis penyakit dengan 53 gejala. Hasil Pengujian akurasi sistem menggunakan data 30 kasus dari pakar 1, data kasus berasal dari rekam medis dan sebagian kasus dari pengalaman pakar dilapangan namun tidak tercatat, dimana pakar 2 dan 3 hanya menentukan hasil diagnosis dari data kasus pakar 1 adalah sebesar 92.22%-94.44%. Pengujian teoritis mendapatkan hasil perhitungan sama antara hasil perhitungan diagnosis pakar dengan hasil diagnosis sistem. Pengujian MOS (Mean Opinion Score) dari 50 responden, didapatkan hasil sebesar 4.18 dari skala 5, dan untuk pengujian black box mendapatkan hasil bahwa semua fitur didalam sistem telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta telah berjalan sebagaimana mestinya. Berdasarkan hasil pengujian, maka sistem pakar diagnosis penyakit ayam pedaging ini termasuk kategori sistem yang baik serta layak untuk dipergunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci – Sistem Pakar, Penyakit ayam pedaging, Forward Chaining, Certainty Factor, Android.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:54
Last Modified: 27 Sep 2021 06:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item