2 PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SUKAMULIA TIMUR SAAT PANDEMI COVID-19

Ismy, Agustina Putri (2021) 2 PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT SUKAMULIA TIMUR SAAT PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PDF SKRIPSI ISMY AGUSTINA PUTRI_L1C017036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah intensitas penggunaan gadget yang meningkat pada saat angka penyebaran corona virus atau covid-19 tinggi. Covid-19 ini membuat segala bentuk kegiatan masyarakat terkendala dan dibatasi misalnya saja dalam hal bekerja dan juga pendidikan. Banyak hal pada saat ini dilakukan melalui media virtual atau membutuhkan alat perantara guna memperlancar komunikasi antar individu. Hal inilah yang membuat laju pertumbuhan penggunaan gadget saat ini mengalami peningkatan, begitu juga dengan adanya perubahan dalam kondisi sosial ekonomi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara intensitas penggunaan gadget terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Sukamulia Timur selama masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi serta di analisis menggunakan uji chi-square. Penelitian ini juga di analisis menggunakan teori sosial yakni teori pilihan rasional dari James S Coleman. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan gadget terhadap kondisi sosial ekonomi yang dilihat dari hasil nilai pada uji chi-square dimana nilai p value (0,00) lebih kecil dari nilai chi-square (22,01) dan juga hasil dari nilai chi-square hitung (22,014) lebih besar (>) dari chi-square tabel (9,487) maka dapat dikatakan bahwa H1 diterima yakni ada pengaruh antara intensitas penggunaan gadget terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Sukamulia Timur saat pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : intensitas penggunaan gadget, masyarakat, sosial ekonomi, covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:15
Last Modified: 27 Sep 2021 07:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24620

Actions (login required)

View Item View Item