HUBUNGAN ANTARA ANGKA KECACINGAN DENGAN STATUS PENGUKURAN ANTROPOMETRI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA NUSA TENGGARA BARAT

GUSTI, ANOM CHRISTYANDI ANDI RAMARANTIKA (2021) HUBUNGAN ANTARA ANGKA KECACINGAN DENGAN STATUS PENGUKURAN ANTROPOMETRI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH - H1A016034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Terdapat lebih dari 1,5 miliar kasus infeksi STH di dunia setiap tahunnya, dengan demografi yang rentan terinfeksi adalah usia anak sekolah. Infeksi tersebut dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan, beberapa diantaranya berkaitan dengan status gizi seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kecacingan dengan status pengukuran antropometri anak usia sekolah dasar di Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa tenggara Barat. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis korelasi dengan dua variabel yang memiliki skala pengukuran kategorik dan teknik consecutive sampling. Pemeriksaan kecacingan dilakukan melalui peemriksaan feses responden. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1, SDN 2, dan SDN 3 Malaka. Waktu pelaksanaan pada bulan Mei sampai Desember tahun 2019. Hasil: Dari hasil pemeriksaan sampel feses dari 75 responden penelitian, ditemukan telur cacing pada 23 sampel (30,67%) dan spesies cacing yang paling banyak menginfeksi adalah T.trichiura (91,4%). Berdasarkan uji hipotesis chi-square dan uji Mann-Whitney, ditemukan bahwa infeksi cacing tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pengukuran antropometri TB/U dan BB/U (p=0,814 & p=0,403), namun memiliki hubungan yang signifikan dengan status gizi IMT/U (p=0,025). Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kejadian kecacingan dengan penguikuran antropometri TB/U dan BB/U, namun ditemukan adanya hubungan yang signifikan kejadian kecacingan dengan pengukuran antropometri anak usia sekolah dasar untuk penilaian indikator IMT/U.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kecacingan, status gizi, malnutrisi, antropometri
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:14
Last Modified: 30 Sep 2021 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item