PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 3 KESIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RIRIN, RAHMAWATUN (2021) PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 3 KESIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RIRIN RAHMAWATUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Learning Starts with a Question (LSQ) terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 3 Kesik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IVb yang merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan strategi LSQ, sedangkan kelas IVa merupakan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi. Data yang diperoleh diuji menggunakan uji t. Berdasarkan hasil hasil belajar IPA siswa pada tahap post-test diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 75.38 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 68.40. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung ≥ ttabel, yaitu 2.461 ≥ 1.677 pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi Learning Starts with a Question (LSQ) terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN 3 Kesik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Strategi Learning Starts With a Question (LSQ), Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:14
Last Modified: 30 Sep 2021 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24719

Actions (login required)

View Item View Item