MODEL REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE TRUNCATED DATA LONGITUDINAL UNTUK PEMODELAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI INDONESIA

Mira, Sulisdiana (2021) MODEL REGRESI NONPARAMETRIK SPLINE TRUNCATED DATA LONGITUDINAL UNTUK PEMODELAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Mira Sulisdiana_G1D016026_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Regresi nonparametrik merupakan metode pendugaan model berdasarkan pendekatan yang tidak terikat asumsi bentuk kurva regresi tertentu. Salah satu estimasi kurva regresi nonparametrik yang cukup populer adalah pendekatan spline truncated. Spline merupakan potongan-potongan polinomial yang memiliki sifat tersegmen dan kontinu (truncated). Spline memiliki kemampuan yang sangat baik menangani karakter data yang bersifat smooth serta data yang perilakunya berubah-ubah pada sub-sub interval tertentu. Secara teoritis pendekatan spline tidak hanya mampu mengestimasi kurva regresi nonparametrik untuk data cross section, tetapi dapat juga dikembangkan untuk data longitudinal. Data longitudinal merupakan kombinasi data cross section dan data time series dimana pada data longitudinal antar subjek saling independen, akan tetapi antar pengamatan saling dependen. Penggunaan data longitudinal diaplikasikan pada data Produk Domestik Regional Bruto di Indonesia tahun 2012-2018 dengan subjek provinsi sebanyak 33. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan Produk Domestik Regional Bruto menggunakan model spline truncated dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada setiap provinsi di Indonesia dengan estimasi kurva regresi menggunakan metode Weighted Least Square. Berdasarkan analisis data, diperoleh model spline truncated data longitudinal pada Produk Domestik Regional Bruto untuk setiap provinsi di Indonesia tahun 2012-2018 dengan nilai Generalized Cross Validation sebesar 508,5670, koefisien determinasi ) ( 2 R sebesar 99,98% dan Mean Squared Error sebesar 14,8827. Faktor yang mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto di Indonesia yaitu Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri, Realisasi Belanja Pegawai dan Realisasi Belanja Modal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Regresi Nonparametrik, Spline Truncated, Weighted Least Square, Data Longitudinal, PDRB.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:27
Last Modified: 04 Oct 2021 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24773

Actions (login required)

View Item View Item