EFEKTIVITAS PROGRAM MINGGU BERSIH NURUL HARAMAIN TERHADAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA LEMBUAK KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT

Reni, Reni (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM MINGGU BERSIH NURUL HARAMAIN TERHADAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA LEMBUAK KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Reni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas program Minggu bersih Nurul Haramain terhadap kebersihan lingkungan di Desa Lembuak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi serta dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini mengunkan analisis statistik deskriptif. Hasil peneltian menunjukan bahwa program Minggu bersih Nurul Haramain berpengaruh terhadap kebersihan lingkungan di Desa Lembuak. Program Minggu bersih Nurul Haramain memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Desa Lembuak, Kebersihan Lingkungan Desa Lembuak serta santri dan santriwati Nurul Haramain. Program Minggu bersih Nurul Haramain merupakan salah satu bentuk pendidikan yang dilakukan Pondok Pesantren Nurul Haramain untuk mendidik santri dan santriwatinya agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Program Minggu bersih meningkatkan kesadaran masuarakat Desa Lembuak untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan Desa Lembuak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Efektivitas, Program Minggu bersih, Kebersihan lingkungan.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:26
Last Modified: 04 Oct 2021 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24777

Actions (login required)

View Item View Item