RAHMATULLAH, RAHMATULLAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN TEKNIK OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan teknik open-ended problem terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan siswa kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen sebanyak 42 orang dan siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan teknik open-ended problem sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Instrumen yang digunakan untuk aktivitas belajar adalah intrumen non tes dalam bentuk lembar observasi dan untuk mengukur hasil belajar menggunakan instrument tes dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji manova dan uji-t untuk menguji hipotesis. Kesimpulan yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan teknik open-ended problem terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model kooperatif tipe GI, teknik open ended problem, aktivitas, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2018 07:22 |
Last Modified: | 16 Apr 2018 07:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2486 |
Actions (login required)
View Item |