PENGARUH KONSENTRASI STARTER SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) TERHADAP TOTAL MIKROBA, TOTAL KHAMIR DAN ORGANOLEPTIK KOMBUCHA SARI BUAH APEL

ROSITA, ROSITA (2021) PENGARUH KONSENTRASI STARTER SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) TERHADAP TOTAL MIKROBA, TOTAL KHAMIR DAN ORGANOLEPTIK KOMBUCHA SARI BUAH APEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rosita (J1A017093)_Fix dari Dosen.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kombucha sari buah apel merupakan minuman fermentasi dari sari buah apel menggunakan starter SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) dengan waktu fermentasi selama 8 hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi starter SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) terhadap total mikroba, total khamir, total asam, aktivitas antioksidan dan organoleptik (warna, aroma dan rasa) kombucha sari buah apel. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor atau faktor tunggal, yaitu perbedaan konsentrasi starter SCOBY dengan perakuan penambahan starter sebesar 2%, 4%, 6%, 8%, 10% dan 12% serta ulangan sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Adapun parameter yang diuji adalah Total Plate Count (TPC), total khamir, total asam, dan aktivitas antioksidan serta mutu organoleptik yang meliputi warna, aroma dan rasa. Dari data hasil pengamatan dianalisis keragaman dengan taraf nyata 5% dengan menggunakan aplikasi Co-Stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan tingkat konsentrasi starter SCOBY memberikan pengaruh nyata terhadap Total Plate Count (TPC), total khamir, total asam, aktivitas antioksidan dan mutu organoleptik meliputi rasa (hedonik dan scoring) dan warna (scoring). Perlakuan yang dapat diterima (agak disukai) oleh panelis dari organoleptik rasa adalah konsentrasi starter SCOBY 4% dengan Total Plate Count 6,32 log CFU/mL, total khamir 8,25 log CFU/mL, total asam 0,65%, aktivitas antioksidan 36,75% dengan organoleptik warna “agak cokelat”, aroma “tidak beraroma apel” dan rasa “agak manis”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kombucha, sari buah apel, SCOBY.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:50
Last Modified: 12 Oct 2021 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24901

Actions (login required)

View Item View Item