RESIANA, RESIANA (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 SETELUK TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Resiana(E1E017109).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SDN Gugus 01 Seteluk tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiaan expost facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 82 siswa dari 155 populasi, dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket (questioner). Teknk analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji statistik nonparamentrik dengan mennggunakan teknik kruskal-wallis test yang dibantu oleh program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata tingkatan kemandirian siswa berada pada tingkat tinggi, sedangkan untuk pola asuh orang tua menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memilih pola asuh otoriter sebanyak 16, yang memilih pola asuh permisif sebanyak 7 dan yang memilih pola asuh demokratis sebanyak 59. Hasil analisis data diperoleh nilai asymp.sig sebesar 0,000 atau < 0,05 maka “Ho ditolak” dan “Ha diterima”. dapat dikatakan bahwa ada perbedaan tingkat kemandirian belajar siswa antara siswa yang menggunakan pola asuh otoriter, permisif dan demokratis. Karena adanya perbedaan yang signifikan maka dikatakan bahwa “ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV Gugus 01 Seteluk.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: pola asuh orang tua, kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 03:50 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:50 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24902 |
Actions (login required)
View Item |