IDENTIFIKASI PERMASALAHAN GURU MENYUSUN RPP PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PUTU MEGA WIDIANI, NI (2021) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN GURU MENYUSUN RPP PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI SDN GUGUS V CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NI PUTU MEGA WIDIANI (SKRIPSI E1E017091).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami perubahan yang signifikan, dikarenakan adanya wabah baru yang dikenal dengan istilah Covid- 19. Menanggapi fenomena tersebut, pemerintah segera mengambil kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) untuk mengatur jalannya proses belajar mengajar dari rumah. Keputusan pemerintah yang mendadak dan tidak ada persiapan apapun untuk proses pembelajaran online membuat beberapa guru mengalami kesulitan. Guru dituntut untuk mampu merancangan pembelajaran yang simpel sesuai dengan kondisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur intensitas permasalahan yang dihadapi guru dalam menyusun RPP pada proses pembelajaran online di SDN Gugus V Cakranegara tahun pelajaran 2020/2021 sehingga dapat mengetahui permasalahan apa yang paling tinggi dihadapi guru berdasarkan dengan komponen penyusunan RPP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa intensitas permasalahan yang dihadap guru dalam menyusun RPP pada pembelajaran online di SDN Gugus V Cakranegara tahun pelajaran 2020/2021 termasuk kedalam kategori sedang sebanyak 4 orang guru (66,7%) dan permasalahan yang paling tinggi dihadapi guru yaitu saat menyusun tujuan pembelajaran dengan jumlah frekuensi guru mendapatkan kategori tinggi yang paling banyak, yaitu sebanyak 3 orang guru (50%) mendapatkan kategori tinggi dan sebanyak 3 orang guru (50%) mendapatkan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Permasalahan Guru, RPP dan Pembelajaran Online
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:10
Last Modified: 14 Oct 2021 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24974

Actions (login required)

View Item View Item