IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 48 TAHUN 2009 TENTANG KEKUASAAN KEHAKIMAN ATAS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR. 574 K/PID.SUS/2018 TERHADAP KASUS BAIQ NURIL MAKNUN

AGIP, HANAFI (2021) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 48 TAHUN 2009 TENTANG KEKUASAAN KEHAKIMAN ATAS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR. 574 K/PID.SUS/2018 TERHADAP KASUS BAIQ NURIL MAKNUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Implementasi Undang-undang No 48 Tahun 2009 tentang kekuasaan kehakiman. Pemasalahan yang diangkat meliputi konsep keadilan berdasarkan Undang-undang No 48 Tahun 2009 Tentang Kekuasaan Kehakiman dalam Kasus Baiq Nuril serta cara Hakim Mahkamah Agung Mengimplementasikan Undang-undang No.48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian hukum normatif yaitu menggunakan studi kasus normatif berupa produk perilaku hukum. Pokok kajiannya adalah hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah yang belaku dalam masyarakat dan menjadi acuan perilaku setiap orang. Analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu rangkaian kegiatan untuk memperoleh data yang bersifat apa adanya tanpa ada dalam kondisi tertentu yang hasilnya lebih menekankan makna. Dalam penelitian ini putusan hakim MA dalam menjalankan kekuasaan kehakiman kurang mencerminkan analisa dan pemahaman yang jeli sesuai subtansi kasus yang terjadi serta didapatkan hasil bahwa UU ITE menunjukkan kelemahan yang harus direfisi atau direformasi karena masih terdapat kekeliruan dan pertentangan antara aturan yang satu dengan aturan yang lainnya .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kekuasaan Kehakiman, Putusan MA, Baiq Nuril, UU ITE.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:47
Last Modified: 18 Oct 2021 07:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25088

Actions (login required)

View Item View Item