i STUDI KOMPARASI BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI DAN USAHATANI BUNGA (FLORIKULTURA) PADA LAHAN SAWAH DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Ayu, Kristin Prahastari (2021) i STUDI KOMPARASI BIAYA DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI DAN USAHATANI BUNGA (FLORIKULTURA) PADA LAHAN SAWAH DI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL AYU KRISTIN PRAHASTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menganalisis perbandingan struktur biaya produksi antara usahatani padi dan usahatani bunga pada lahan sawah di Kabupaten Lombok Barat, (2) Menganalisis perbandingan pendapatan antara usahatani padi dan usahatani bunga pada lahan sawah di Kabupaten Lombok Barat dan (3) Menganalisis perbandingan efisiensi ekonomi usahatani padi dan usahatani bunga pada lahan sawah di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penentuan jumlah responden dengan metode ”Sampling Jenuh” (sensus). Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu analisis produksi, struktur biaya produksi, pendapatan, efisiensi dan pendapatan dengan mempertimbangkan nilai waktu uang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Proporsi biaya variabel pada usahatani padi sebesar 72,85% dari total biaya usahatani yang rata-rata sebesar Rp 22.827.783/ha. Sedangkan proporsi biaya variabel pada usahatani bunga sebesar 87,62% dari total biaya usahatani yang rata-rata sebesar Rp 45.599.697/ha. (2) Pendapatan bersih usahatani bunga sebesar Rp 73.913.939/ha sedangkan usahatani padi rata-rata Rp 7.126.565/ha. (3) Efisiensi usahatani bunga adalah juga nyata lebih besar daripada efisiensi usahatani padi. Rata-rata R/C usahatani bunga adalah 2,62, sementara R/C usahatani padi sebesar 1,31.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Komparasi, Usahatani, Padi, Bunga
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Oct 2021 05:42
Last Modified: 22 Oct 2021 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25214

Actions (login required)

View Item View Item