PENGARUH MODEL PEMBELAJ DENGAN METODE PESERTA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MAN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 THINK-PAIR-SHARE BELAJAR FISIKA

PRATININGSIH, JULIANA A. (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJ DENGAN METODE PESERTA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MAN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018 THINK-PAIR-SHARE BELAJAR FISIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika di MAN Lombok Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Untreated control group design with pretest- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Lombok Barat yang berjumlah 43 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dengan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi. Tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal, sedangkan lembar observasi digunakan untuk penilaian afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen sebesar 40,19 dan kelas kontrol sebesar 37,45 sedangkan untuk nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 73,52 dan kelas kontrol sebesar 51,27. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh thitung sebesar 7,646 dan ttabel sebesar 2,021. Sesuai kriteria uji hipotesis, jika thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think- pair-share dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didik MAN Lombok Barat tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kooperatif, Think-Pair-Share, Metode Eksperimen, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:11
Last Modified: 16 Apr 2018 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item