HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS X KECAMATAN NARMADA TAHUN 2017

ANJANI, DEWI DEN (2018) HUBUNGAN AKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN GUGUS X KECAMATAN NARMADA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar kelompok siswa kelas V SDN Gugus X Kecamatan Narmada. Rumusan masalahnya yaitu, “Adakah hubungan aktivitas belajar kelompok dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus X Kecamatan Narmada?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara aktivitas belajar kelompok dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus X Kecamatan Narmada. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dimana dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Narmada yang berjumlah 179 orang siswa. Pegambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Random Sampling, dimana sampel yang diperoleh berjumlah 65 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah alnalisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara aktivitas belajar kelompok dengan prestasi belajar siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Narmada yang ditunjukkan oleh hasil korelasi product moment dimana rhitung > rtabel pada taraf signifikansi 5% yakni 0,262 > 0,244, sehingga Ha diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar kelompok dengan prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,262, atau sebesar 6,9% prestasi belajar siswa kelas V di SDN Gugus X Kecamatan Narmada berdasarkan variasi aktivitas belajar kelompok. Jika aktivitas belajar kelompok siswa baik, maka prestasi belajar siswa juga baik. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa siswa yang aktivitas belajar kelompoknya rendah pun akan berprestasi pula. Tergantung dari motivasi siswa itu sendiri dan gaya mengajar guru. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: guru hendaknya memperhatikan metode yang digunakan dalam mengajar agar siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas Belajar Kelompok, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Apr 2018 07:11
Last Modified: 16 Apr 2018 07:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item