PEMANFAATAN BAHAN ALAM BERBASIS METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PRINGGABAYA TAHUN 2021

AYU, JUNIARNI (2021) PEMANFAATAN BAHAN ALAM BERBASIS METODE PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA PRINGGABAYA TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYU JUNIARNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)

Abstract

kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui tingkat kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui pemanfaatan bahan alam berbasis metode proyek di desa Pringgabaya tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan studi kasus. Subjek penelitian ialah anak usia 5-6 tahun di desa Pringgabaya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian ini menggunakan enam tahap dan tiga kegiatandalam peningkatan kreativitas anak dengan enam kali pertemuan. Dalam tahap-tahap tersebut terjadi peningkatan kreativitas dengan cara mengkolaborasikan semua jenis bahan alam di sekitar lingkungan, langkah- langkah kegiatan, serta aturan kegiatan. Hasil yang ada pada kegiatan 1 dengan persentasi tertinggi yakni 61,1% dan persentase terendah yakni 52,3%. Hasil yang ada pada kegiatan 2 memperoleh hasil persentasi tertinggi 80,9% dan persentasi terendah yakni 71,5%. Hasil yang ada pada kegiatan 3 dengan persentasi tertinggi 92,5% dan persentase terendah 90,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pemanfaatan bahan alam, pajangan dinding, kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:41
Last Modified: 25 Oct 2021 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25304

Actions (login required)

View Item View Item