PENGEMBANGAN KEGIATAN MEMBATIK DENGAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN DESA TARLAWI KABUPATEN BIMA

YULI, FITRIANINGSIH (2021) PENGEMBANGAN KEGIATAN MEMBATIK DENGAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LINGKUNGAN DESA TARLAWI KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULI FITRIANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kreativitas anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Desa Tarlawi Kabupaten Bima. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kegiatan membatik dengan bahan alam dan cara atau langkah-langkah kegiatan membatik dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan membatik serta mengetahui cara atau langkah- langkah membatik dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di Lingkungan Desa Tarlawi Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini adalah empat orang. Data dikumpulkan melalui metode observasi Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan dua tahap uji coba dengan empat kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada tahap uji coba I (pertemuan I) memperoleh nilai persentase sebesar (40,08%). terjadi peningkatan di tahap uji coba I (pertemuan II) sebesar (61,03%), pada tahap uji coba II (pertemuan III) meningkat lagi mencapai (67,28%), pada tahap uji coba II (pertemuan IV) sebesar (83,09%). Dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan membatik dengan bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Membatik, Bahan Alam, Kreativitas, PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:41
Last Modified: 25 Oct 2021 03:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25307

Actions (login required)

View Item View Item