HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN PERSEPSI PETERNAK TERHADAP USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER DI KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH

DEWI, MAS ANJANI (2021) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN PERSEPSI PETERNAK TERHADAP USAHA PETERNAKAN AYAM BROILER DI KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi dewimasanjani(B1D017058).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor sosial ekonomi peternak pemelihara ayam broiler, (2) mengetahui persepsi peternak terhadap usaha ternak ayam broiler, (3) mengetahui hubungan antara faktor sosial ekonomi dengan persepsi peternak terhadap usaha ternak ayam broiler di Kecamatan Praya TengahKabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021 dengan menggunakan metode survei, yaitu semua peternak ayam broiler sebanyak 31 orang yang ada di Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah diambil sebagai responden. Variabel yang diamati dalam penelitian ini terdiri dari variabel sosial ekonomi dengan variabel persepsi. Data yang terkumpul dianalisis dengan sistem skor dan analisis Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Faktor sosial ekonomi umur responden rata-rata berada pada usia produktif, tingkat pendidikan sebagian besar tamatan sekolah dasar, jumlah tanggungan keluarga sebagian besar 3-4 orang, motivasi beternak sebagai usaha pokok, pengalaman beternak sebagian besar >4 tahun, dan pendapatan beternak sebagian besar >Rp. 4.025.220. (2)Tingkat persepsi peternak adalah pengetahuan peternak tentang ayam broiler sebagian besar tinggi, manfaat pengalaman memelihara ayam broiler sebagian besar bermanfaat dan manfaat memelihara ayam broiler sebagian besar sangat menguntungkan. (3) Hubungan variabel faktor sosial ekonomi dengan persepsi responden terhadap usaha ayam broiler adalah: (1) Hubungan antara social ekonomi dengan pengetahuan peternak tentang ayam broiler. Umur memiliki hubungan yang positif dan sangat lemah dengan pengetahuan peternak responden ( rs = 0,153). Tingkat pendidikan memiliki hubungan yang positifdan cukup kuat dengan pengetahuan peternak responden ( rs = 0,409). Jumlah tanggungan keluarga memiliki hubungan yang positif dan sangat lemahdengan pengetahuan peternak responden ( rs = 0,055). Motivasi beternak memiliki hubungan yang positifdan cukup kuat dengan pengetahuan peternak responden ( rs = 0,468). Pengalaman beternak memiliki hubungan yang positifdan sempurna dengan pengetahuan peternak responden ( rs = 1,000). Pendapatan beternak memiliki hubungan yang positifdan sangat kuat dengan pengetahuan peternak responden ( rs = 0,831).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ayam Broiler, Sosial Ekonomi, Persepsi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:12
Last Modified: 27 Oct 2021 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25338

Actions (login required)

View Item View Item