PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 LOPOK KECAMATAN LOPOK KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DESKI, KURNIAWAN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 1 LOPOK KECAMATAN LOPOK KABUPATEN SUMBAWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Deski Kuniawan_Nim.E1E017032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan model pembelajaran sangat berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat membuat siswa menjadi aktif selama proses pembelajaran, terutama pada proses pembelajaran matematika untuk menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SDN 1 Lopok Kecamatan Lopok Kabupaten Sumbawa tahun pelajaran 2020/2021. Indikator yang paling berperan penting pada model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah learning community, dimana siswa dapat saling bertukar pikiran di dalam kelopok untuk menentukan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yaitu metode quasi eksperimental design dalam bentuk posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 1 Lopok tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobabilty sampling dengan sensus/sampling total, sehingga jumlah populasi sama dengan jumlah sampel yaitu 41 siswa. Kelas V di SDN 1 Lopok terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas Va yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran dan tes uraian yang digunakan untuk mengukur kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil keterlaksanaan model pembelajaran pada kelas eksperimen sesi-I yaitu 87% dan sesi-II yaitu 93%. Sedangkan keterlaksanaan model pembelajaran pada kelas kontrol sesi-I dan sesi-II sama yaitu 80%. Adapun hasil analisis yang diperoleh yaitu nilai Sig.2 tailed ≤ 0.05 yaitu 0.041 ≤ 0.05 dengan taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Lopok Kecamatan Lopok Kabupaten Sumbawa Tahun Pelajaran 2020/2021”.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Soal Cerita Matematika, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:12
Last Modified: 27 Oct 2021 02:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25339

Actions (login required)

View Item View Item