PENGARUH JENIS SEMEN BEKU DAN SAPI AKSEPTOR TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN AIKMEL, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

JANNATUL, MA’WA (2021) PENGARUH JENIS SEMEN BEKU DAN SAPI AKSEPTOR TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN AIKMEL, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_JANNATUL MA'WA (FIX).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis semen beku dan sapi akseptor terhadap keberhasilan inseminasi buatan (IB). Penelitian dilaksanakan di wilayah kerja UPT.Pusat Kesehatan Hewan dan Peternakan, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Materi yang digunakan adalah induk Sapi Bali, Simbal, Limbal dan semen beku terdiri dari semen Bali, Simental dan Limousine. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel non return rate (NRR) dan conception rate (CR). Data yang diperoleh ditabulasi, kuantifikasi, dihitung rata-rata dan persentase kemudian dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase NRR dari semen Bali, Simental dan Limousine dengan induk sapi Bali yaitu 75%, 58,33% dan 100%. Semen Simental dan Limousine dengan induk sapi Simbal yaitu 48,27% dan 33,33%. Semen Simental dan Limousine dengan induk sapi Limbal yaitu 33,33% dan 50%. Persentase CR dari semen Bali, Simental dan Limousine dengan induk sapi Bali yaitu 66,66%, 44,44% dan 50,00%. Semen Simental dan Limousine dengan induk sapi Simbal yaitu 41,37% dan 33,33%. Semen Simental dengan induk sapi Limbal yaitu 11,11%. Simpulan, jenis semen beku dan sapi akseptor berpengaruh terhadap keberhasilan IB di Kecamatan Aikmel dan yang paling baik yaitu pada semen Limousine dan Bali dengan induk sapi Bali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Akseptor, conception rate, semen beku, keberhasilan IB, non return rate.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:13
Last Modified: 27 Oct 2021 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25363

Actions (login required)

View Item View Item