TINGKAT KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN PADA INDUK SAPI LOKAL DAN HASIL PERSILANGAN DI KECAMATAN PRINGGARATA

Nurul, Aidah (2021) TINGKAT KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN PADA INDUK SAPI LOKAL DAN HASIL PERSILANGAN DI KECAMATAN PRINGGARATA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan inseminasi buatan pada induk sapi lokal dan hasil persilangan di Kecamatan Pringgarata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pelaksanaan penelitian dengan cara survey secara langsung terhadap para peternak yang ternaknya telah diinseminasi. Variabel yang diamati adalah service per conception (SC), conception rate (CR), calving interval (CI) dan non return rate (NRR). Data dianalisis secara statistik meliputi rata-rata dan persentase dari variabel. Hasil penelitian menunjukkan persentase NRR pada sapi lokal sebesar 70,3% dan sapi hasil persilangan sebesar 70,5%, nilai rata-rata S/C sapi lokal sebesar 1,5 dan hasil persilangan sebesar 2, persentase CR sapi lokal sebesar 53,8% dan sapi hasil persilangan sebesar 58,1% dan persentase CI 12 bulan pada sapi lokal sebesar 75,5% dan hasil persilangan sebesar 68,9%. Selain itu tingkat keberhasilan inseminasi buatan juga ditentukan oleh pengetahuan peternak dan petugas inseminator. Simpulan menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan inseminasi buatan di Kecamatan Pringgarata sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Calving interval, conception rate, inseminasi buatan, non return rate, service per conception.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:54
Last Modified: 28 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25419

Actions (login required)

View Item View Item