PERAN GURU DALAM PENERAPAN PROGRAM LITERASI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR GUGUS V GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2020/2021

FITRIA, PRAMITHA PUTRI (2021) PERAN GURU DALAM PENERAPAN PROGRAM LITERASI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR GUGUS V GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru yang digunakan dalam menerapkan program literasi selama masa pandemi Covid-19. Guru berperan sebagai pelatih dalam penerapan program literasi, selain itu guru juga berperan sebagai adapters dan developers sehingga guru tidak hanya menjadi pelaksana kurikulum tetapi guru dapat menyelaraskan kurikulum dan memiliki kewenangan untuk mendesain kurikulum dengan menentukan strategi yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Hasil uji instrumen dengan validitas konstruk melalui pendapat ahli mendapatkan hasil bahwa ada beberapa pernyataan yang harus diperbaiki tatanan bahasa nya sehingga instrumen ini dapat dinyatakan layak untuk mengambil data peran guru dalam menerapkan program literasi. Subyek penelitian adalah guru-guru kelas di Gugus V Gunungsari Lombok Barat, sebanyak 31 orang. Hasil yang diperoleh adalah penerapan program literasi baca tulis memiliki persentase 82,80 %, penerapan program literasi numerasi memiliki persentase sebesar 82.73 %, penerapan program literasi sains memiliki persentase 80,11 %, dan penerapan program literasi digital memiliki persentase 87,43 %. Hal ini dapat dilihat bahwa guru lebih berperan dalam penerapan program literasi digital di masa pandemi Covid-19 ini, hal tersebut dikarenakan program literasi digital memiliki persentase lebih tinggi dibandingkan program literasi lainnya. Dengan artian guru-guru juga menerapkan program literasi baca tulis, literasi sains, dan literasi numerasi namun penerapannya melalui media digital karena dimasa pandemi ini terkendala adanya larangan untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: peran guru, program literasi, pandemi covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:15
Last Modified: 29 Oct 2021 02:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25444

Actions (login required)

View Item View Item