HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS V SDN 44 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

INTAN, DAHLIA (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS V SDN 44 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dampak dari adanya covid-19 membuat motivasi belajar siswa menurun sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika juga ikut menurun. Hal tersebut dikarenakan siswa cepat bosan dalam mengikuti pembelajarang daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat motivasi belajar siswa kelas V SDN 44 Ampenan, (2) tingkat prestasi belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 44 Ampenan dan (3) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 44 Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 82 siswa yang terdiri dari kelas VA dan VB. Adapun sampel penelitiannya menggunakan teknik sampling total dengan melibatkan seluruh siswa dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data motivasi belajar dengan instrument penelitian berupa angket (kuesioner) dan prestasi belajar menggunakan nilai raport matematika siswa. Dari 20 butir pernyataan yang diuji coba, terdapat 10 butir pernyataan yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,609. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi produc tmoment dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) rata-rata motivasi belajar siswa kelas V SDN 44 Ampenan adalah 60,70 atau dalam kategori rendah, (2) rata-rata prestasi belajar siswa kelas V SDN 44 Ampenan 74,50 atau dalam kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 44 Ampenan tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dari besarnya nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,915>0,220) dan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Berdasarkan pengolahan data, adanya hubungan antara kedua variabel tersebut sangat berkaitan. Motivasi memegang peranan yang sangat penting untuk hasil prestasi belajar siswa dan tujuan pembelajaran yang optimal. Sedangkan prestasi belajar yang telah diraih oleh siswa merupakan hasil dan wujud dari motivasi belajar yang sungguh-sungguh didapatkan dalam aktifitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: motivasi belajar, prestasi belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:40
Last Modified: 29 Oct 2021 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25450

Actions (login required)

View Item View Item