HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN 1 BAREJULAT TAHUN AJARAN 2021/2022

YULIANA, ASTUTI (2021) HUBUNGAN KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS V SDN 1 BAREJULAT TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULIANA ASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDN 1 Barejulat 2021/2022.Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi pada penelitian yakni seluruh siswa kelas lima yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling total/sensus sehingga diambil semua populasi menjadi sampel.Metode pengumpulan data berupa angket dan tes.Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi produk moment.Berdasarkan hasil penelitian kecerdasan linguistik siswa diperoleh nilai rata-rata 71 sedangkan hasil penelitian keterampilan menulis teks eksplanasi diperoleh nilai rata-rata 70. Hasil analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 23.0 menunjukkan N =56 pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sig = 0,000. Berdasarkan pengambilan keputusan jika nilai sig > 0,000 maka Ho ditolak. Oleh karena itu dapat dikatakan 0,000 < 0,05 maka hipotesis yang diajukan atau Ha diterima yang artinya ada hubungan antara kecerdasan linguistik dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V SDN 1 Barejulat Tahun Ajaran 2021-2022. Berdasarkan hasil penelitian maka kami bermaksud memberikan saran yakni untuk selalu mengenal kecendrungan kecerdasan linguistik siswa serta mengupayakan cara- cara pengembangan kecerdasan linguistik tersebut agar kecerdasan linguisik yang dimiliki siswa bisa bermanfaat bagi diri sendiri serta bagi lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci: Kecerdasan Linguistik, Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi, korelasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:05
Last Modified: 29 Oct 2021 07:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25452

Actions (login required)

View Item View Item