TINJAUAN YURIDIS KONTRAK PEKERJAAN PEMELIHARAAN BERKALA JARINGAN IRIGASI PENGAMAT PENGAIRAN DOMPU PEKAT (STUDI DINAS PUPR KAB. DOMPU)

PRANATA, REKSA SAMUDRA (2021) TINJAUAN YURIDIS KONTRAK PEKERJAAN PEMELIHARAAN BERKALA JARINGAN IRIGASI PENGAMAT PENGAIRAN DOMPU PEKAT (STUDI DINAS PUPR KAB. DOMPU). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PRANATA REKSA S (D1A117242).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang implementasi kontrak pekerjaan pemeliharaan berkala jaringan irigasi antara Dinas PUPR Kabupaten Dompu dengan CV. NTAU NDAI, dan untuk mengetahui akibat hukum jika terjadi wanprestasi dalam pelaksanaan pekerjaan pemeliharaan berkala jaringan irigasi tersebut. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah normatif empiris, yang menggunakan pendekatan peraturan perundang- undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan sosiologis. Dari hasil penelitian ini bahwa Penyedia Jasa selaku pihak yang menjalankan kontrak tersebut melakukan pekerjaan pembangunan jaringan irigasi guna untuk penyediaaan dan pengaturan air dalam menunjang proses produksi pertanian. Setelah melakukan pembuatan jaringan irigasi, Penyedia Jasa wajib melaksanakan kewajibannya yaitu melakukan pemeliharaan berkala untuk menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu dapat berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertahankan kelestariannya melalui kegiatan perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengamanan yang harus dilakukan secara terus menerus. Perjanjian kontrak antara kedua belah pihak berjalan dengan semestinya, yaitu sudah sesuai dengan yang dipaparkan dalam kontrak yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, dan ditinjau dari isi perjanjian dalam kontrak dengan hasil penelitian langsung di lapangan juga menunjukkan bahwa pelaksanaan perjanjian antara kedua belah pihak telah dilaksanakan dengan baik yaitu dari aspek jangka waktu, jaminan pemeliharaan, pembayaran, prestasi dan lain-lain. Apabila terjadi wanprestasi yang berakhir dengan perselisihan dari kedua belah pihak, penyelesaiannya akan seperti apa yang tertera dalam perjanjian kontrak tersebut, yaitu kedua belah pihak akan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikannya secara damai atau musyawarah, tetapi jika perselisihannya tidak bisa diselesaikan dengan cara seperti itu, maka akan diselesaikan melalui pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kontrak Perjanjian, Pemeliharaan Berkala, Jaringan Irigasi Dompu Pekat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:46
Last Modified: 03 Nov 2021 06:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item