PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PEMAKAI AIR PDAM ATAS PELAYANAN YANG MERUGIKAN KONSUMEN (STUDI DI KOTA MATARAM)

NUNUK, IEKA JULIANA SARI (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PEMAKAI AIR PDAM ATAS PELAYANAN YANG MERUGIKAN KONSUMEN (STUDI DI KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIJS FIX PDF.pdf1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hak dan kewajiban dalam perjanjian PDAM Kota Mataram dengan konsumen yang dirugikan, dan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan atas pelayanan yang di dapat di PDAM Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif empiris. Perlindungan hukum terhadap konsumen pemakai air PDAM atas pelayanan yang merugikan konsumen, yaitu perlindungan hukum dalam perjanjian tersebut dilaksanakan dalam bentuk tertulis yang dituangkan dalam bentuk formulir, mengenai hak dan kewajiban para pihak diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang dirugikan atas pelayanan yang di dapat di PDAM Kota Mataram, yaitu apabila terjadi pelanggaran hak-hak konsumen maka konsumen dapat memakai ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam mengajukan tuntutan hukum. Sedangkan tuntutan hukum kepada pelaku usaha yaitu PDAM Kota Mataram dapat dikenakan melalui perkara perdata, pidana, atau administrasi negara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Konsumen, Pelayanan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:13
Last Modified: 04 Nov 2021 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25560

Actions (login required)

View Item View Item