PENAMBAHAN SARI BUAH KIWI (Actinidia Deliciosa) PADA PENGENCER TRIS-KUNING TELUR DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA SUHU RUANG

AMRILLAH, AMRILLAH (2021) PENAMBAHAN SARI BUAH KIWI (Actinidia Deliciosa) PADA PENGENCER TRIS-KUNING TELUR DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA SUHU RUANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMRILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari buah kiwi (Actinidia deliciosa) dalam pengencer tris kuning telur untuk mempertahankan kualitas spermatozoa kambing boer pada suhu ruang. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium imunobiologi Fakultas MIPA Universitas Mataram. Materi penelitian ini yaitu semen kambing boer berumur 2 tahun. Penampungan semen dilakukan 1 kali dalam seminggu dengan menggunakan vagina buatan. Metode penelitian ini menggunakan eksperimental laboratorik dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan (P0, P1, P2, P3) dan 6 kali ulangan. Variabel yang diamati adalah motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis varian’s (ANAVA),hasil yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s pada program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa spermatozoa kambing Boer dengan konsentrasi terbaik adalah P2 (10%) dengan motilitas progresif 46.00±5.48%, viabilitas 61.00±5.48% dan abnormalitas 16.60±0.89% selama penyimpanan 9 jam. Disimpulkan bahwa penambahan sari buah kiwi mampu mempertahankan kualitas spermatozoa kambing Boer pada penyimpanan suhu ruang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kambing boer, semen, kualitas, sari buah kiwi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:13
Last Modified: 04 Nov 2021 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25564

Actions (login required)

View Item View Item