PENAMBAHAN SARI BUAH TOMAT (Lycopersicum escumlentum Mill) DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SEMEN KAMBING BOER SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN

MEGAWATI, HIKMATUL BADRIAH (2021) PENAMBAHAN SARI BUAH TOMAT (Lycopersicum escumlentum Mill) DALAM PENGENCER TRIS KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SEMEN KAMBING BOER SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEGAWATI HIKMATUL BADRIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan sari buah tomat (Lycopersicum escumlentum Mill) sebagai pengencer terhadap kualitas sperma kambing boer pada suhu 5 o C. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah semen kambing Boer berumur 2 tahun yang ditampung dengan menggunakan vagina buatan. Penelitian ini meggunakan metode eksperimental laboratorik dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kali ulangan. Semen diencerkan dengan pengencer tris kuning telur ayam yang ditambahkan sari buah tomat dengan konsentrasi 0% (kontrol), 10%, 20% dan 30%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan sari buah tomat berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap progresif motilitas, viabilitas dan abnormalitas spermatozoa pada hari ke 5 dengan rataan motalitas 46.0±6.52%, viabilitas 60.6±6.43% dan abnormalitas 7.8±1.92%. Disimpulkan bahwa penambahan sari buah tomat(Lycopersicum escumlentum Mill) dengan konsentrasi terbaik 10% mampu mempertahankan kualitas spermatozoa kambing Boer pada penyimpanan suhu dingin selama 5 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : abnormalitas, motalitas, sari buah tomat, spermatozoa, viabilitas.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:13
Last Modified: 04 Nov 2021 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25570

Actions (login required)

View Item View Item