ANALISIS PENGARUH LEBAR GAP DAN PANJANG FLAP TERHADAP AERODYNAMIC PERFORMANCE PADA MODIFIKASI AIRFOIL NREL S809 MENGGUNAKAN ANSYS

MUHAMMAD, ARIF ADNAN (2021) ANALISIS PENGARUH LEBAR GAP DAN PANJANG FLAP TERHADAP AERODYNAMIC PERFORMANCE PADA MODIFIKASI AIRFOIL NREL S809 MENGGUNAKAN ANSYS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_MUHAMMAD ARIF ADNAN_F1C017070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk meningkatkan aerodynamic performance sebuah airfoil, salah satunya dengan menambahkan suatu penampang dibelakang airfoil yang disebut dengan flap. Flap berfungsi untuk mengontrol aerodynamic performance. Adanya penambahan flap pada suatu airfoil tentu saja akan membuat gap antara badan airfoil dan flap, hal itu tentunya akan memengaruhi aerodynamic performance. Gap antara flap tepi belakang dengan badan airfoil menghubungkan permukaan atas dan medan aliran permukaan bawah, yang dapat meningkatkan tekanan pada permukaan atas dan mengurangi tekanan pada permukaan bawah. Objek penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Panjang flap dan lebar gap terhadap aerodynamic performance pada modifikasi airfoil NREL S809 menggunakan software ANSYS. Penelitian dilakukan dengan variasi panjang flap 15%C, 25%C dan 35%C dengan variasi lebar gap 1 mm, 2 mm dan 3 mm, defleksi flap -5o ,5o ,10o ,15o dan 20o pada sudut serang 0 o , 5 o ,10 o ,13 o ,15 o dan 20 o . Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebar gap berpengaruh terhadap aerodynamic performance, mana pada setiap defleksi flap (5o ,10º,15º,dan 20º), gap 3 mm selalu memiliki nilai drag yang tertinggi. Pada δ= 5 o pada AoA 20 o yaitu 0.070516, δ=10 o yaitu 0.081699, pada δ=15 o yaitu 0.26014, dan pada δ=20 o yaitu 0.11305. Sedangkan untuk panjang flap yang paling optimal yaitu pada 15%C pada defleksi flap (5o ,10 o ,15 o dan 20 o ) dengan δ=5 o yaitu 23.3617486, δ= 10 o yaitu 23.317486, δ= 15 o yaitu 21.9860693, dan δ=20 o yaitu 19.1563028. Sedangkan pada δ= -5 o panjang flap 15%C memiliki nilai rasio CL/CD paling optimal dalam meningkatkan nilai drag.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Airfoil, Flap, Aerodynamic performance, Gap dan rasio CL/CD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:50
Last Modified: 04 Nov 2021 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25573

Actions (login required)

View Item View Item