HUBUNGAN KEMAMPUAN VERBAL REASONING DENGAN KETERAMPILAN MENJAWAB SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SELONG

AYU, DWI OKTAVIANI (2021) HUBUNGAN KEMAMPUAN VERBAL REASONING DENGAN KETERAMPILAN MENJAWAB SOAL CERITA MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AYU DWI OKTAVIANI (E1E017020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Soal cerita merupakan soal yang berbentuk narasi, menyajikan persoalan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyelesaikan soal cerita, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki salah satunya kemampuan verbal reasoning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan verbal reasoning (X) dengan keterampilan menjawab soal cerita matematika (Y) pada siswa kelas V SD gugus I Kecamatan Selong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dengan jumlah populasi 407 siswa dan subyek siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Selong. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling secara undian sehingga diperoleh 80 siswa dari 3 sekolah yaitu SDN 2 Selong, SDN 3 Selong dan SDN 5 Selong. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan essay, selanjutnya divalidasi menggunakan uji ahli (eksperts) dengan hasil penambahan jumlah tes dari 10 butir soal menjadi 30 butir soal dan memperbaiki soal nomor 1, 4 dan 5. Kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas, dengan hasil uji normalitas variabel X diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,051, sedangkan hasil uji normalitas variabel Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,180 maka artinya data berdistribusi normal karena > 0,05. Hasil uji linearitas diperoleh nilai deviation for linearity sebesar 0,611 maka 0,611 > 0,05 artinya terdapat hubungan yang linear antara variabel X dan variabel Y. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji pearson product moment dengan hasil diperoleh nilai rhitung sebesar 0,623 yang berada pada interval 0,60-0,799 dengan tingkat hubungan kuat dengan jenis hubungan yaitu hubungan positif, dimana jika nilai variabel X tinggi maka semakin tinggi nilai variabel Y. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 maka < 0,05 artinya ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y pada siswa kelas V SD gugus I Kecamatan Selong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kemampuan verbal reasoning, soal cerita matematika, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:50
Last Modified: 04 Nov 2021 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item View Item