PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM BISNIS ONLINE

RIPAAL, PAHRURROZI (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM BISNIS ONLINE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIPAAL PAHRURROZI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tanggung jawab penjual atas kerugian dalam bisnis dan untuk menjelaskan penyebab kerugian dalam kasus bisnis online. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan tiga macam metode pendekatan, yaitu Pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), Pendekatan konseptual (Conceptual Approach) dan Pendekatan kasus (Casel Approach). Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa Tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen harus memenuhi beberapa syarat sebagaimana sahnya jual beli yaitu barang harus jelas, informasi produk harus sesuai dengan kualitas yang diingikan konsumen, jagka waktu pengiriman barang harus di beri tahukan dari perusahan pengiriman barang, pengiriman barang yang dikirim harus sesuai dengan standar perjanjian barang yang di kirim ke konsumen. Penyelesaian sengketa bisnis online dilakukan dengan dua cara yaitu non itigasi dan itigasi non litigasi. Non litigasi dilakukan dengan cara, penyelesaian melalui forum, Online Dispute Resoltuion, dan melalui pengaduan bisnis online sedangkan melalui litigasi melalui jalur pengadilan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perlindungan hukum, Penyebab kerugian, Bisnis Online
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:19
Last Modified: 08 Nov 2021 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25594

Actions (login required)

View Item View Item