UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK SEBAGAI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (Studi di Polda NTB)

MADE SRI DWI ATI, NI (2021) UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK SEBAGAI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (Studi di Polda NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI MADE SRI DWI ATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk – bentuk penanggulangan tindak pidana perdagangan orang terhadap perempuan dan anak sebagai pekerja migran Indonesia dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana perdagangan orang tersebut di Polda NTB. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris. Hasil penelitian terungkap bahwa kepolisian telah melakukan upaya penal seperti: melakukan penyelidikan dan penyidikan sedangkan upaya non penal seperti: adanya koordinasi dengan BP2MI, DP3AP2KB, Dinas Tenaga Kerjadan Transmigrasi yang melakukan pencegahan. Terdapat pula sejumlah kendala yang dihadapi, baik kendala internal seperti : SDM, sarana dan fasilitas, penegak hukum, identitas para pelaku dan korban, perlunya anggaran dan belum terdapat upaya pencegahan oleh kepolisian sedangkan kendala eksternal seperti : mengeluarkan visa kerja untuk PMI ilegal, kepatuhan masyarakat dan adanya keterlibatanoknum luar negeri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Upaya kepolisian, perdagangan orang, pekerja migran Indonesia.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:19
Last Modified: 08 Nov 2021 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25596

Actions (login required)

View Item View Item