ANALISIS HUKUM TERHADAP PEMBERIAN HAK PAKAI LAHAN OLEH PEMERINTAH DAERAH LOMBOK BARAT KEPADA YAYASAN LEPTRIDAG (LEMBAGA PENDIDIKAN TRI DHARMA KOSGORO) NTB (STIE AMM MATARAM)

TAUFIKKURAHMAN, ALAMUDI (2021) ANALISIS HUKUM TERHADAP PEMBERIAN HAK PAKAI LAHAN OLEH PEMERINTAH DAERAH LOMBOK BARAT KEPADA YAYASAN LEPTRIDAG (LEMBAGA PENDIDIKAN TRI DHARMA KOSGORO) NTB (STIE AMM MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan alasan Pemda Lombok Barat merubah status hak pakai lahan yang diberikan kepada STIE AMM Mataram menjadi hak sewa serta bagaimana akibat hukum dari perubahan status penguasaan lahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris. Pemda Lobar merubah status hak pakai lahan yang diberikan kepada STIE AMM Mataram menjadi hak sewa karena menurut Pemda Lobar, SK lama tahun 1986 tentang penggunaan hak pakai lahan milik Pemda Lobar itu sudah tidak sesuai regulasi lagi dan perlu adanya pembaruan. Akibat hukum dari perubahan status penguasaan lahan tersebut yaitu adanya perubahan status pada lahan yang ditempati STIE AMM Mataram dari izin pakai lahan menjadi hak sewa, Ini merupakan tindakan yang sepihak dari Pemda Lobar, awal pemberlakuan sewa harusnya tidak mundur, sesuai dengan asas hukum non – retroaktif yang menyebutkan bahwa tidak ada aturan atau perundang undangan yang berlaku surut. Keputusan Pemda Lobar ini tidak memiliki kekuatan di mata hukum. Dalam pengenan sewa juga harus berdasarkan kesepakatan para pihak, agar tidak dikategorikan sebagai tindakan yang semena – mena.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Hak Pakai, lahan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:19
Last Modified: 08 Nov 2021 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25598

Actions (login required)

View Item View Item