TINJAUAN YURIDIS PENETAPAN PENGESAHAN ASAL USUL ANAK HASIL PERKAWINAN SIRRI (STUDI PENETAPAN PENGADILAN AGAMA GIRI MENANG NOMOR 1022/PDT.P/2019/PA.GM)

IRFAN HIBATULLOH, M (2021) TINJAUAN YURIDIS PENETAPAN PENGESAHAN ASAL USUL ANAK HASIL PERKAWINAN SIRRI (STUDI PENETAPAN PENGADILAN AGAMA GIRI MENANG NOMOR 1022/PDT.P/2019/PA.GM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apa dasar pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan para pemohon dalam Penetapan Nomor: 1022/Pdt.P/2019/PA.GM dan bagaimana kedudukan hukum anak para pemohon setelah adanya Penetapan Nomor: 1022/Pdt.P/2019/PA.GM. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus. Berdasarkan hasil penelitian, dasar pertimbangan hakim dalam mengabulkan permohonan para pemohon adalah karena perkawinan para pemohon sudah memenuhi syarat sahnya perkawinan dan tidak melanggar larangan perkawinan baik menurut Syariat Islam maupun menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan sehingga perkawinannya adalah sah dan anak yang lahir dari perkawinan tersebut berkedudukan hukum sebagai anak sah. Dengan demikian anak dari para pemohon dapat menikmati hak-hak nya sebagai anak sah baik itu hak nasab, hak waris, hak nafkah dan hak-hak lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: asal usul, anak, penetapan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:10
Last Modified: 09 Nov 2021 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25608

Actions (login required)

View Item View Item