PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 15 AMPENAN

HENY, HERNAWATI (2021) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 15 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HENY HERNAWATI REVISI SIDANG 27 OKTOBER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 15 Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis quasi eksperimental tipe nonequievalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas IV SDN 15 Ampenan yang berjumlah 36 siswa. Teknik yang digunakan pengambilan sampel yaitu teknik sensus/sampling yang dimana kelas IVA dijadikan kelas eksperimen dan IVB dijadikan kelas kontrol. Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 65.95 dan kelas kontrol 66.5625 sedangkan nilai rata posttest kelas eksperimen ialah sebesar 82.65 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan rumus kolmogrov smirnov, homogenitas, hipotesis dan selanjutnya uji effect size. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t. Nilai t-hitung sebesar 2.113 > 2.032 jika nilai t-hitung > t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal ini dapat diuji lanjutkan dengan menggunakan uji effect size untuk melihat besar pengaruh maka diperoleh dari nilai tersebut sebesar 1.00 termaksud katagori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Media Puzzle Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:11
Last Modified: 09 Nov 2021 03:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25619

Actions (login required)

View Item View Item