ANALISIS YURIDIS PERJANJIAN PINJAM NAMA ANTARA WARGA NEGARA ASING DENGAN WARGA NEGARA INDONESIA DALAM PEMBELIAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN USAHA BERSAMA

SRI, SAOMI HANDAYANI (2021) ANALISIS YURIDIS PERJANJIAN PINJAM NAMA ANTARA WARGA NEGARA ASING DENGAN WARGA NEGARA INDONESIA DALAM PEMBELIAN TANAH UNTUK KEPENTINGAN USAHA BERSAMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAOMI(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui dua permasalahan yaitu apakah Perjanjian Pinjam Nama Antara Warga Negara Asing Dengan Warga Negara Indonesia dalam kepentingan Usaha Bersama diatur di dalam Hukum Positif Indonesia kemudian Bagaimana Pelaksanaan Perjanjian Pinjam Nama Antara Warga Negara Asing dan Warga Negara Indonesia Dalam Pembelian Tanah Untuk Kepentingan Usaha Bersama . Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif menggunakan metode pendekatan Perundang-Undangan, Konseptual . Dari hasil penelitian yang didapat bahwa perjanjian pinjam nama dalam pembelian tanah untuk kepentingan usaha bersama tidak sesuai dengan hukum positif Indonesia karena didasarkan pada Undang-undang Nomor 05 Tahun 1960 tentang UUPA dan walaupun secara eksplisit tidak diatur di dalam peraturan perundang-undangan mengenai perjanjian pinjam nama tetapi dalam pasal 21 UUPA sudah mengatur tentang larangan hak milik atas tanah kepada warga negara asing dan akibat hukum dari perjanjian pinjam nama tersebut adalah batal demi hukum karena tidak memenuhi syarat objektif suatu perjanjian kerena causanya atau sebabnya adalah palsu . kemudian pelaksanaan Perjanjian Pinjam Nama Antara Warga Negara Asing Dengan Warga Negara Indonesia Dalam Pembelian Tanah Untuk Kepentingan Usaha Bersama merupakan perjanjian semu dan tidak memiliki dasar hukum yang mengikat para pihak seperti perjanjian pada umumnya. Karena perjanjian ini hanya didasarkan atas rasa saling saling percaya karena adanya kepentingan yang saling menguntungkan para pihak di satu sisi pihak Warga Negara Asing ingin menguasai tanah di Indonesia dan di sisi lain Warga Negara Indonesia membutuhkan modal atau imbalan dari pinjaman nama tersebut .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perjanjian Pinjam Nama, Warga Negara Asing, Hukum
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:27
Last Modified: 09 Nov 2021 03:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25622

Actions (login required)

View Item View Item