DAMPAK TRAUMATIK AKIBAT DISTOKIA TERHADAP POSTPARTUM ANESTRUS INDUK SAPI BALI DI KECAMATAN LABUHAN HAJI, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

SALMA, SOFIANA YASRIFA (2021) DAMPAK TRAUMATIK AKIBAT DISTOKIA TERHADAP POSTPARTUM ANESTRUS INDUK SAPI BALI DI KECAMATAN LABUHAN HAJI, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SALMA SOFIANA YASRIFA-B1D017293-DAMPAK TRAUMATIK AKIBAT DISTOKIA TERHADAP POSTPARTUM ANES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak traumatik akibat distokia terhadap postpartum anestrus induk sapi Bali di Kecamatan Labuhan Haji. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan responden berdasarkan pertimbangan tertentu dan didapatkan jumlah responden sebanyak 89 peternak yang akan digunakan untuk mewakili 6 desa di Kecamatan Labuhan Haji. Metode penelitian menggunakan metode survey langsung terhadap para petani peternak dan pengumpulan data diperoleh melalui kuisioner yang diberikan kepada peternak melalui tahapan wawancara. Data ditabulasi dan dikuantitatifkan kemudian dihitung rata-rata dan persentase untuk setiap data yang dikumpulkan, selanjutnya data-data tersebut di interprestasi dan dijelaskan secara deskriptif dan dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil penelitian diketahui bahwa lama postpartum anestrus induk sapi Bali yang mengalami distokia dimana induk dan anak selamat sebanyak 79 ekor mengalami postpartum anestrus >2 bulan (33,7%), sedangkan untuk 10 ekor induk yang mengalami distokia dimana induk selamat akan tetapi anak sapi mati mengalami postpartum anestrus >3 bulan (5,6%). Distokia berdampak traumatik terhadap reproduksi yang mengakibatkan postpartum anestrus lebih lama, hal ini dikarenakan adanya infeksi pada uterus yang mempengaruhi status reproduksi menjadi kurang subur. Distokia dapat terjadi akibat pengaruh umur induk, BCS (Body Condition Score) induk, riwayat gangguan reproduksi dan jenis anak sapi yang dilahirkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Inseminasi Buatan, Distokia, Postpartum Anestrus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:43
Last Modified: 09 Nov 2021 03:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25626

Actions (login required)

View Item View Item