PENGARUH RASIO SUSU FULL CREAM DENGAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata) TERHADAP NILAI GIZI, SIFAT FISIK DAN ORGANOLEPTIK ES KRIM

Putri, Kharisma, D and Zaini, Mohammad Abbas and Djoko, Kisworo (2015) PENGARUH RASIO SUSU FULL CREAM DENGAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata) TERHADAP NILAI GIZI, SIFAT FISIK DAN ORGANOLEPTIK ES KRIM. Fakultas Peternakan. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Rasio Susu Full Cream.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio susu full cream dengan jagung manis (Zea mays saccharata) terhadap sifat fisik, nilai gizi dan organoleptik es krim. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal dan diulang sebanyak tiga kali. Perlakuan terdiri atas P1 (susu full cream 100% : jagung manis 0%), P2 (susu full cream 75% : jagung manis 25%), P3 (susu full cream 50% : jagung manis 50%), P4 (susu full cream 25% : jagung manis75%) dan P5 (susu full cream 0% : jagung manis 100%). Parameter yang diamati meliputi kadar air, lemak, β-karoten, overrun, resistensi dan organoleptik warna, aroma, tekstur dan rasa. Data hasil pengamatan diuji dengan analisis keragaman pada taraf nyata 5% dan 1% menggunakan software Co-Stat. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut menggunakan Beda Nyata Jujur (BNJ) dengan taraf nyata yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio susu full cream dengan jagung manis (Zea mays saccharata) memberikan memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap kadar air, kadar β-karoten, pengaruh yang nyata terhadap overrun, resistensi, tekstur hedonik dan warna, aroma, tekstur serta rasa skoring, namun memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap warna, aroma dan rasa hedonik es krim. Rasio susu full cream 75% dan jagung manis 25% memberikan hasil yang terbaik dan dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: susu full cream, jagung manis, es krim.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ir Djoko Kisworo, M.Sc., Ph.D
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:16
Last Modified: 10 Nov 2021 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25649

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item