Pengaruh Penambahan Probiotik (Lactobacillus casei) Dan Lama Penyimpanan Terhadap Sifat Kimia Keju Mozarella Dari Susu Kerbau Sumbawa

Yulia, Baiq Mahraini and Zaini, Mohammad Abbas and Djoko, Kisworo (2015) Pengaruh Penambahan Probiotik (Lactobacillus casei) Dan Lama Penyimpanan Terhadap Sifat Kimia Keju Mozarella Dari Susu Kerbau Sumbawa. Fakultas Peternakan. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Penambahan Probiotik (Lb casei).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keju Mozarella salah satu keju khas Italia yang memiliki kandungan gizi tinggi. Di dalam proses pembuatannya keju ini diperkaya dengan probiotik. Probiotik diketahui memiliki manfaat fungsional antara lain, menurunkan kolesterol dan triglserida darah yang berlebihan yang bisa menyebabkan serangan jantung dan gangguan pembuluh darah. Salah satu jenis probiotik yang banyak digunakan dalam pengolahan susu adalah Lactobacillus casei (Lc). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan probiotik (Lactobacillus casei) dan lama penyimpanan terhadap kandungan gizi keju Mozzarella dari susu kerbau Sumbawa pada suhu 20ºC. Penelitian ini didasarkan pada eksperimental yang menggunakan rancangan acak lengkap dengan 2 faktor faktor konsentrasi probiotik (0%, 10% dan 15%) dengan lama penyimpanan (0, 7 dan 14 hari) kemudian diuji lanjut dengan uji lanjut BNJ (Beda Nyata Jujur) pada taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa faktor konsentrasi dan lama penyimpanan berpengaruh nyata terhadap parameter pH, kadar abu, kadar protein dan kadar lemak. Interaksi lama penyimpanan dan konsentrasi berpengaruh terhadap parameter pH, kadar abu, kadar lemak akan tetapi tidak berpengaruh pada kadar protein. Pada konsentrasi 15% probiotik Lc dengan lama penyimpanan 14 hari diperoleh pH sebesar 4,93, kadar abu sebesar 3,63%, kadar protein sebesar 32,87% dengan kadar lemak sebesar 8,47%.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: keju mozarella, konsentrasi probiotik, lama penyimpanan, komponen kimia
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Ir Djoko Kisworo, M.Sc., Ph.D
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:17
Last Modified: 10 Nov 2021 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25653

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item