IMPLEMENTASI PENCORETAN/PENGHAPUSAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN MELALUI AKTA KONSEN ROYA (Studi di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lombok Barat)

DWI, WAHYUNINGSIH (2021) IMPLEMENTASI PENCORETAN/PENGHAPUSAN JAMINAN HAK TANGGUNGAN MELALUI AKTA KONSEN ROYA (Studi di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pencoretan/penghapusan jaminan Hak Tanggungan dengan akta konsen roya di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Lombok Barat dan mengetahui kedudukan akta konsen roya sebagai pengganti sertifikat Hak Tanggungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data menggunakan data kepustakaan dan data lapangan dari hasil wawancara yang dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi pencoretan/penghapusan Hak Tanggungan (roya) dengan menggunakan akta konsen roya, semestinya penghapusan dilakukan menggunakan sertifikat Hak Tanggungan. Namun dalam praktik, sertifikat Hak Tanggungan tersebut hilang maka notaris berwenang mengeluarkan suatu akta yang bisa menggantikan fungsi dari sertifikat Hak Tanggungan. Akta konsen roya memenuhi keadaan atau persyaratan untuk menghapuskan Hak Tanggungan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Implementasi, Penghapusan Hak Tanggungan, Akta Konsen Roya.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:54
Last Modified: 10 Nov 2021 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25664

Actions (login required)

View Item View Item