ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH PELAKU DALAM KEADAAN MABUK/TIDAK SADAR DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA (Studi Kasus Putusan Nomor 908 K/PID/2006 PN.Ambon)

YEYEN, YEYEN (2021) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH PELAKU DALAM KEADAAN MABUK/TIDAK SADAR DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA (Studi Kasus Putusan Nomor 908 K/PID/2006 PN.Ambon). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX YEYEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawaban pidana terhadap tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh orang mabuk dalam perspektif hukum pidana, dan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hakim dalam mengambil putusan tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh orang mabuk. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian normatif. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa tindak pidana pembunuhan yang dilakukan oleh orang mabuk dalam hal ini adalah dapat dipertanggungjawabkan atas perbuatannya. Hakim dengan segala pertimbangannya telah memberi putusan bahwa orang mabuk yang melakukan tindak pidana pembunuhan itu dikenakan Pasal 338 KUHP, karena dalam hal ini pada diri terdakwa tidak ditemukan adanya baik alasan pemaaf maupun alasan pembenar, Maka terdakwa harus dinyatakan bersalah dan untuk itu harus diberikan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pembunuhan, Mabuk .
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:54
Last Modified: 10 Nov 2021 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item View Item