PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

LUH PUTU RENI WAHYUNI, NI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ni Luh Putu Reni Wahyuni . fix astungkara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang dikembangkan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) and Evaluation (Evaluasi). Pengembangan dilakukan sampai tahap uji coba terbatas dengan melakukan uji coba validasi dan penyebaran angket guru, peserta didik dan mahasiswa melalui google form. Perangkat yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD,dan instrumen tes. Hasil validasi menggunakan CVR dan CVI menunjukkan perangkat termasuk kategori sangat layak. Hasil respon menunjukkan persentase rata-rata 100% dengan kategori sangat baik. Hasil posttest hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari hasil pretest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran Ipa Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:31
Last Modified: 10 Nov 2021 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25676

Actions (login required)

View Item View Item