TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA MELARIKAN WANITA DENGAN TIPU MUSLIHAT ( Studi Putusan Nomor 48/Pid.B/2013/PN.Kgn )

IRMAN, ARDIANTO (2021) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP TINDAK PIDANA MELARIKAN WANITA DENGAN TIPU MUSLIHAT ( Studi Putusan Nomor 48/Pid.B/2013/PN.Kgn ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
IRMAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuktian unsur-unsur pasal yang didakwakan oleh jaksa penuntut umum terhadap tindak melarikan wanita dengan tipu muslihat dalam Putusan Nomor 48/Pid.B/2013/PN.Kgn dan pertimbangan hakim dalam penjatuhan pidana terhadap tindak pidana melarikan wanita dengan tipu muslihat dalam Putusan Nomor 48/Pid.B/2013/PN.Kgn. Metode penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif, dengan pendekatan perundang- undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. pembuktian unsur-unsur pasal oleh jaksa penuntut umum dalam Putusan Nomor 48/Pid.B/2013/PN.Kgn telah sesuai dengan pasal 183 KUHAP bahwa hakim tidak boleh menjatuhkan pidana kepada seseorang kecuali apabila dengan sekurang-kurangnya ada dua alat bukti yang sah dan ia memperoleh keyakinan bahwa suatu tindak pidana benar- benar terjadi dan terdakwalah yang melakukannya. Pertimbangan hakim dalam penjatuhan pidana yaitu meliputi, pertimbangan yuridis dan pertimbangan non yuridis yang didasarkan pada unsur-unsur dalam dakwaan subsidair yang telah terpenuhi. Sehingga hakim berkeyakinan bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melarikan wanita yang belum dewasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Tindak, Pidana, Wanita, Tipu, Muslihat.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:31
Last Modified: 10 Nov 2021 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25680

Actions (login required)

View Item View Item