KANDUNGAN KOLAGEN DAN MIKROSTRUKTUR DAGING ITIK Peking UMUR POTONG 8 MINGGU DENGAN PEMBERIAN PAKAN KULIT NANAS (Ananas comosus L. Merr.) FERMENTASI

MILA, MAULINA (2021) KANDUNGAN KOLAGEN DAN MIKROSTRUKTUR DAGING ITIK Peking UMUR POTONG 8 MINGGU DENGAN PEMBERIAN PAKAN KULIT NANAS (Ananas comosus L. Merr.) FERMENTASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian pakan kulit nanas fermentasi terhadap kandungan kolagen dan mikrostruktur daging itik Peking jantan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap yaitu tahap pemeliharaan dan uji kualitas daging. Tahap pemeliharaan dilakukan dengan pemberian pakan kulit nanas fermentasi (P1, P2, P3) dan kontrol (P0) kepada 96 ekor itik Peking berumur 2 sampai 8 minggu. Setelah itu tahap penelitian uji kualitas daging dilakukan menggunakan sampel paha itik Peking berumur 8 minggu dengan 3 kali ulangan dan masing-masing unit percobaan menggunakan 8 ekor itik Peking. Penelitian uji kualitas daging dilakukan dengan metode infrared (AOAC, 2007) untuk menguji kandungan kolagen dan metode pewarnaan dengan Hemotoksilin-Eosin (HE) untuk mengidentifikasi mikrostruktur daging. Metode analisa yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola satu arah. menggunakan program SPSS. Dari hasil penelitian didapat bahwa pemberian pakan kulit nanas fermentasi tidak memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap kandungan kolagen dan mikrostruktur daging itik Peking umur potong 8 minggu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: daging itik Peking, pakan kulit nanas fermentasi, kolagen, mikrostruktur daging.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Nov 2021 05:44
Last Modified: 11 Nov 2021 05:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25760

Actions (login required)

View Item View Item