PENGARUH PENAMBAHAN FERMENTASI DAUN MURBEI (Morus spp.) DALAM FORMULASI PAKAN UNTUK MENSTIMULASI MOLTING KEPITING BAKAU (Scylla serrata)

Sulfah, Rahmadiah (2021) PENGARUH PENAMBAHAN FERMENTASI DAUN MURBEI (Morus spp.) DALAM FORMULASI PAKAN UNTUK MENSTIMULASI MOLTING KEPITING BAKAU (Scylla serrata). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SULFAH RAHMADIAH_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor dalam kegiatan budidaya yang mempengaruhi produksi dan proses pertumbuhan kepiting bakau (Scylla serrata) adalah molting. Terdapat beberapa teknik yang telah dikembangkan untuk mempercepat molting kepitingbakau yaitu ablasi, mutilasi dan suplementasi.Salah satu bentuk suplemetasi adalah melalui pemanfaatan daun murbeipada pakan kepiting bakau.Penelitian ini bertujua n untuk menganalisa pengaruh penambahan fermentasi daun murbei (Morus spp.) dalam pakan untuk menstimulasi molting kepiting bakau.Penelitian ini dilaksanakan ditambak tradisional Desa Bugis, Kecematan Sape, Kabupaten Bima selama 60 hari. Metode yang digunakan adalah metode eksperimenta l dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan tiga ulangan, yaitu perlakuan kontrol/ikan rucah (P1), fermentasi daun murbei 20% (P2), 25% (P3), 30% (P4), dan 40% (P5). Parameter penelitian meliputi frekuensi dan persentase molting, Panjang dan berat mutlak, laju pertumbuhan spesifik, efisiensi pemanfaatan pakan, rasio konversi pakan, survival rate, dan kua lita s a ir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan fermentasi daun murbei (Morus spp.) pada pakan kepiting bakau (S. serrata) tidak mempengaruhi semua parameter yang diukur. Pemberian formulasi pakan kepiting bakau dengan konsentrasi fermentasi daun murbei 25% (P3) dan perlakuan kontrol (P1) memberikan molting awal yang lebih cepat, yaitu 10 hari pertama masa pemeliharaan. Namun f rekuensi dan persentase molting tertinggi, hanya diberikan oleh pakan dengan konsentrasi fermentasi daun murbei 25% (P3), yaitu berturut-turut 37 ekor dan 247%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Daun Murbei, Fermentasi, Kepiting Bakau, Molting
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Nov 2021 05:44
Last Modified: 11 Nov 2021 05:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25766

Actions (login required)

View Item View Item