NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT MBOJO LA BIBANO PUTRI KALEPE KARYA ABDURRAHMAN IBRAHIM DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SULIASTRI, HARTINA (2021) NILAI MORAL DALAM CERITA RAKYAT MBOJO LA BIBANO PUTRI KALEPE KARYA ABDURRAHMAN IBRAHIM DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SULIS.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul nilai moral dalam cerita rakyat Mbojo La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim dan kaitanya dengan pembelajaran Sastra di SMA. Permasalahan yang dibahas adalah: (1) Bagaimanakah nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat Mbojo La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim. (2) Bagaimanakah hubungan nilai-nilai moral yang terkandung dala cerita Rakyat Mbojo La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim terhadap pembelajaran Sastra di SMA. Tujuan penelitian, yakni: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita Rakyat Mbojo La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim. (2) Menjelaskan hubungan nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat Mbojo La Bibano Putri Kalepe karya Abdurrahman Ibrahim dalam pembelajaran Sastra di SMA. Penelitian ini termaksuk dalam jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi pada nilai moral cerita rakyat mbojo La Bibano Putri Kalepe. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai moral dalam cerita rakyat mbojo La Bibano Putri Kalepe terbagi menjadi tiga bahgian yaitu,(1) Nilai moral individu (pantang menyerah,kuat, bahagia,jujur,rasa ingin tahu, patuh, dan amanah), (2) Nilai moral sosial (demokratis, penyanyang hewaan peliharaan, memberi nasehat, kasih sayang, membantu orang tua,waspada,menghormati orang tua, tolong menolong, dan bersahabat), dan (3) Nilai moral religius (kekuasaan tuhan dan berdoa) yang masing-masing nilai memiliki memiliki sifat-sifat yang bernilai positif untuk kehidupan, dalam cerita La Bibano.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Nilai moral, cerita rakyat, pembelajaran sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Nov 2021 12:01
Last Modified: 11 Nov 2021 12:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25801

Actions (login required)

View Item View Item