KINERJA EKONOMI USAHA TERNAK SAPI POTONG DI WILAYAH PENERIMA PROGRAM 1000 DESA SAPI DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

INDRIYANTI, MARSELINA PUTRI (2021) KINERJA EKONOMI USAHA TERNAK SAPI POTONG DI WILAYAH PENERIMA PROGRAM 1000 DESA SAPI DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - INDRIYANTI MARSELINA PUTRI- B1D 017 124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pemeliharaan, menganalisis biaya dan pendapatan usaha ternak sapi potong, dan untuk mengetahui manajemen kelompok ternak Tandur Desi di Kecamatan Pujut. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Penentuan sampel lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive sampling), yaitu di Desa Pengengat. Jumlah sampel responden dilakukan dengan non proportional simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang peternak. Data primer diperoleh dari observasi dan wawancara langsung dengan peternak menggunakan kuisioner. Data sekunder diperoleh dari Dinas/Instansi yang ada kaitannya dengan penelitian ini seperti BPS Kabupaten Lombok Tengah, UPTD Kecamatan Pujut dan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis skoring dan analisis biaya pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari penerapan manajemen pemeliharaan ternak sapi potong, pada aspek pemilihan bibit tergolong cukup menguasai sebanyak 82% peternak, pada aspek pemberian pakan tergolong cukup sebanyak 78% peternak, pada aspek kandang tergolong sedang sebanyak 78% peternak, pada aspek kesehatan 100% peternak melakukan pengobatan terhadap ternak sakit, dan pada aspek perkawinan tergolong cukup menguasai sebanyak 74% peternak. Usaha ternak sapi dengan rata-rata pemeliharaan 2,28 ekor memperoleh pendapatan kotor sebesar Rp.8.138.666/peternak/tahun, pendapatan bersih sebesar Rp. 7.469.368/peternak/tahun, dan penghasilan bersih sama dengan pendapatan bersih sebesar Rp. 7.469.368/peternak/tahun. Total biaya produksi sebesar Rp. 669.298/peternak/tahun, terdiri atas biaya tetap sebesar Rp. 238.298/peternak/tahun dan biaya variabel sebesar Rp. 431.000/peternak/tahun. Nilai b/c ratio usaha ternak sapi 1,68 menunjukkan layak untuk diusahakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kinerja ekonomi, Usaha Sapi Potong, Manajemen Pemeliharaan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 11 Nov 2021 12:04
Last Modified: 11 Nov 2021 12:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25806

Actions (login required)

View Item View Item