ANALISIS PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI GUGUS 8 KECAMATAN PRAYA BARAT

ALI AKSA, RAHMAN (2021) ANALISIS PENANAMAN NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD NEGERI GUGUS 8 KECAMATAN PRAYA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ALI AKSA RAHMAN_E1E017008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani di SD Negeri Gugus 8 Kecamatan Praya Barat, dalam hal ini nilai-nilai karakter yang dimaksud adalah (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) mandiri, (5) peduli sosial, (6) peduli lingkungan, (7) tanggung jawab. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah cara atau langkah dalam penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar, (2) apa saja hal-hal yang memengaruhi penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data, dan menggunakan triangulasi metode sebagai validitas data. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat beberapa cara atau langkah yang dapat dilakukan dalam menanamkan nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani yaitu: (a) guru memperbaiki sikapnya terlebih dahulu (b) membiasakan peserta didik berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran; (c) membiasakan peserta didik baris- berbaris; (d) memaksimalkan setiap rangkaian praktik pembeljaran; (e) modifikasi peraturan permainan pada materi pembelajaran; (f) mempertegas kembali nilai karakter yang terkandung dalam materi pembelajaran pada tahap refleksi pembelajaran; (g) berkoordinasi dengan orang tua wali murid. (2) hal yang memengaruhi penanaman nilai karakter pada mata pelajaran pendidikan jasmani terdiri atas: (a) faktor penghambat yaitu meliputi tradisi budaya tertentu dalam masyarakat, keterbatasan alat dan media, dan kenakalan peserta didik; (b) faktor pendukung yaitu meliputi guru, kesiapan peserta didik, metode dan teknik pembelajaran, dan keterlibatan berbagai pihak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Penanaman nilai karakter, pendidikan jasmani, faktor penghambat, faktor pendukung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:43
Last Modified: 12 Nov 2021 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25827

Actions (login required)

View Item View Item